SYARAT DAN KETENTUAN
Terima kasih telah mengakses situs atau mengunduh,
menggunakan layanan, produk dan/atau Aplikasi Ayopop dan mempercayakan uang dan
informasi data diri anda kepada PT Ayopop Teknologi Indonesia selaku pemilik dari
Aplikasi Ayopop. Penting bagi Kami untuk menjaga kepercayaan Anda. Untuk itu, Kami
perlu Anda membaca dan menyetujui langkah-langkah yang Kami terapkan untuk menjaga
kepercayaan Anda, yang Kami jabarkan dalam syarat dan ketentuan dibawah ini.
Dengan melanjutkan mengakses, mengunduh atau menggunakan Aplikasi Ayopop,
Anda mengakui dan menyetujui bahwa Anda telah membaca dengan teliti, memahami,
menerima dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan ini yang akan berlaku sebagai
perjanjian antara Anda dengan Kami. Syarat dan Ketentuan ini juga berlaku setiap kali
Anda melakukan transaksi menggunakan Aplikasi Ayopop melalui mitra penyedia platform
lain yang menandatangani perjanjian kerjasama dengan Kami dan menggunakan Aplikasi Ayopop
sebagai salah satu metode pembayaran (“Partner Ayopop”).
-
Definisi
- “Aplikasi Ayopop”
adalah aplikasi yang menyediakan layanan pembayaran
tagihan dan pembelian produk digital yang Anda unduh (download) sehingga Anda masuk pada Laman ini atau Syarat
dan Ketentuan, yang saat ini dikenal dengan merek, nama, logo dan/atau tanda yang dikenal dengan
“Ayopop” atau
merek, nama, logo dan/atau tanda lainnya dan hanya dapat di download pada perangkat
Android dan iOS
- “AyoSaldo”
adalah Uang Elektronik yang diterbitkan oleh
Ayopop sesuai dan telah memenuhi
unsur sebagaimana yang ditetapkan dalam Peraturan Bank Indonesia.
- “Akun” atau “Akun
Anda” adalah identifikasi khusus
yang dibuat di Ayopop
berdasarkan permintaan pendaftaran Anda.
- “Data” adalah
setiap data, informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang dari waktu ke waktu
(termasuk pada saat
Anda mengunduh (download)
Aplikasi) Anda sampaikan kepada Kami/Penyedia Layanan atau yang Anda cantumkan atau
sampaikan dalam, pada
atau melalui Aplikasi ini.
- “Kami” adalah
PT
Ayopop Teknologi Indonesia.
- “Layanan” berarti
setiap layanan, program, jasa, produk, fitur, sistem, fasilitas dan/atau jasa yang
disediakan dan/atau
ditawarkan dalam atau melalui Aplikasi Ayopop.
- “Layanan Pelanggan (Call
Center Ayopop)” adalah
fungsi customer service center untuk pengguna yang dapat dihubungi
lewat panggilan telepon, chat dan/atau email.
- “Pengguna Ayopop” adalah
pengguna Aplikasi Ayopop.
- “Syarat dan Ketentuan” berarti
Syarat dan Ketentuan ini berikut setiap perubahan, penambahan, penggantian, penyesuaian
dan/atau
modifikasinya yang dibuat dari waktu ke waktu.
-
“Transaksi” berarti segala
transaksi, kegiatan,
aktivitas dan/atau aksi yang dilakukan dalam atau melalui Aplikasi / Akun, termasuk
penggunaan Layanan atau
fitur - fitur tertentu dalam Layanan atau Aplikasi.
-
Jenis dan Fitur Produk Uang Elektronik Yang Diterbitkan Oleh Ayopop
Jenis Uang Elektronik
|
Unregistered
|
Registered
|
Saldo Maksimum
|
RP 2 Juta
|
Rp 10 Juta (Ayopop membatasi nilai Topup maksimal
sebesar Rp. 5 Juta per
transaksi Topup)
|
Batas Transaksi
|
Setiap pengguna diperbolehkan untuk
transaksi sampai batas maksimal
transaksi berupa Rp 20 juta rupiah setiap bulannya.
|
Fitur Transaksi
|
- Pengisian
Ulang (top up
AyoSaldo);
- Pembelian
produk;
- Pembayaran
tagihan;
|
- Pengisian
Ulang (top up
AyoSaldo);
- Pembelian
produk;
- Pembayaran
tagihan;
- Pemindahbukuan
AyoSaldo(Cash Out);
- Transfer
dana;
|
Fitur Keamanan
|
- Mobile
Application Password
(Fingerprint Support)
- Fitur
PassCode
- One Time
Password (OTP)
|
- Mobile
Application Password
(Fingerprint Support)
- Fitur
PassCode
- One Time
Password (OTP)
|
Persyaratan
|
Pendaftaran pada Aplikasi Ayopop dengan
menyertakan:
- Nama lengkap;
- Nomor
telepon/HP;
- Rentang Umur;
Menyetujui Syarat dan ketentuan penggunaan
Uang Elektronik yang
diterbitkan oleh Ayopop.
|
Pendaftaran pada Aplikasi Ayopop dengan
menyertakan:
- Foto Kartu
Identitas - KTP;
- Foto Selfie
dengan kartu identitas
asli;
- Nomor kartu
identitas;
-
Menjalani proses Video Call dengan petugas Ayopop;
Menyetujui Syarat dan ketentuan penggunaan
Uang Elektronik yang
diterbitkan oleh Ayopop.
|
- Lingkup dan Manfaat produk dan Risiko Menggunakan Layanan Aplikasi Ayopop
- Lingkup
Syarat dan Ketentuan ini berlaku terhadap seluruh pengguna yang menggunakan salah satu
atau beberapa atau seluruh layanan yang tersedia di Aplikasi Ayopop,
dan terhadap setiap orang yang menyampaikan permintaan atau informasi kepada Kami.
- Manfaat produk
Dengan mengakses Aplikasi Ayopop, Anda dapat melakukan pembayaran secara online melalui
internet dengan Ayosaldo terhadap beberapa Layanan yang disediakan oleh Aplikasi Ayopop.
-
Risiko Mengakses dan Menggunakan Layanan Aplikasi Ayopop
Dengan mengakses Aplikasi Ayopop melalui internet, Anda telah mengetahui
dan memahami dan menyetujui bahwa akses dan jaringan internet yang tersedia
saat ini terus berkembang seiring berjalannya waktu dan tidak dapat dikendalikan
oleh siapapun termasuk Kami, sehingga Anda mengetahui dan menyetujui bahwa Kami tidak menjamin:
-
Aplikasi Ayopop akan selalu dapat diakses oleh Anda dimanapun dan kapanpun.
- Layanan dan transaksi pembayaran yang terjadi di Aplikasi Ayopop akan selalu berhasil.
- Layanan dan Aplikasi Ayopop akan selalu aman dan bebas dari infiltrasi.
Panduan Singkat
-
Aplikasi Ayopop dapat dioperasikan melalui HP Android dan juga iOS dan dapat diunduh
melalui Google Play Store atau Apple Store.
-
Untuk dapat mengakses layanan dalam Aplikasi Ayopop,
Pengguna Aplikasi Ayopop harus mengunduh dan melakukan instalasi
Aplikasi Ayopop di telepon genggam (handphone) dan kemudian membuat Akun melalui Aplikasi Ayopop.
Anda perlu memberikan Data/informasi/dokumen yang valid, akurat dan terbaru tentang diri Anda saat membuat Akun.
Atas permintaan peningkatan dari Akun Aplikasi Ayopop Unregistered menjadi Akun Aplikasi Ayopop Registered maka Kami
akan melakukan verifikasi atas informasi/dokumen yang Anda sampaikan dan menentukan apakah Anda
telah memenuhi persyaratan sebagai pengguna Aplikasi Ayopop Registered.
-
Setiap 1 (satu) nomor telepon genggam (handphone) hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) Akun. Pengguna
Aplikasi Ayopop wajib mendaftarkan dan menggunakan nomor telepon genggam (handphone) milik Pengguna Aplikasi
Ayopop sendiri. Segala akibat yang timbul karena didaftarkannya nomor telepon genggam (handphone) milik pihak
lain menjadi tanggung jawab Pengguna Aplikasi Ayopop sepenuhnya dan Pengguna Aplikasi Ayopop dengan
ini membebaskan Kami dari segala macam tuntutan, gugatan dan/atau tindakan hukum lainnya dari pihak manapun.
-
Dalam menggunakan Aplikasi Ayopop atau melakukan Transaksi, Anda akan diminta untuk
melakukan otorisasi instruksi dengan menggunakan PIN dan/atau kode verifikasi berupa Kode Sandi Sekali Pakai (One Time Password/OTP)
yang dikirimkan ke nomor telepon genggam (handphone) yang terdaftar di Akun Anda.
-
Anda tidak diperkenankan untuk memberitahukan informasi keamanan Anda kepada pihak lain.
Anda setuju untuk menanggung setiap resiko terkait pengungkapan informasi keamanan Anda kepada pihak
lain manapun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan hal tersebut.
-
Saldo AyoSaldo tidak akan memperoleh bunga dalam bentuk apapun karena bukan
merupakan tabungan/simpanan sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang tentang Perbankan,
Undang-undang tentang Perbankan Syariah serta peraturan perundang undangan terkait perbankan
lainnya dan tidak akan dijamin oleh Lembaga Penjamin
Simpanan sebagaimana diatur dalam Undang-undang tentang Lembaga Penjamin Simpanan.
-
Aplikasi Ayopop memastikan kerahasiaan dan keamanan informasi diri yang Anda berikan terjaga dengan baik.
Penggunaan Data Anda akan kami lakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
-
Anda dapat menanyakan atau memberi masukan kepada kami melalui Contact Center Layanan Pelanggan
Ayopop (+62-2140011091) maupun email info@ayopop.com.
Pengisian (Top up), Penarikan (Cash Out) dan Transfer
-
Top-Up dan Cash Out pada AyoSaldo Anda dapat dilakukan melalui mekanisme atau channel-channel
Top-Up dan Cash Out yang Kami ataupun pihak ketiga/mitra Kami sediakan, termasuk melalui channel-channel
bank-bank tertentu atau pihak ketiga lain yang Kami informasikan.
Layanan ini dapat dikenakan biaya tertentu oleh pihak ketiga/mitra terkait.
-
Anda memahami bahwa Top-Up yang dilakukan melalui mekanisme atau channel channel Top-Up yang disediakan
oleh pihak ketiga/mitra dapat mengalami gangguan sistem dan/atau jaringan dari waktu ke waktu,
namun demikian Kami senantiasa berusaha menjaga tingkat layanan pihak ketiga yang bekerjasama dengan Kami.
-
Jika pihak ketiga/mitra memungkinkan fitur direct debit dan/atau auto top-up dari sumber
dana Anda yang terdapat di pihak ketiga, maka Anda memahami bahwa registrasi atas fitur tersebut akan
Anda lakukan langsung dengan pihak ketiga terkait. Tanggung jawab Kami terbatas pada meneruskan instruksi
yang Anda berikan kepada Kami terkait aktivitas direct debit dan/atau auto top-up tersebut. Keluhan yang
timbul terkait registrasi fitur direct debit dan/atau auto
top-up dan autentikasi instruksi di sistem pihak ketiga/mitra bukan merupakan tanggung jawab Kami.
-
Cash Out dan transfer pada AyoSaldo hanya dapat Anda lakukan maksimal senilai saldo AyoSaldo Anda pada
saat akan melakukan Cash Out dan transfer, dikurangi biaya jasa yang berlaku. Kami akan menginformasikan
biaya jasa yang berlaku dari waktu ke waktu. Biaya jasa yang berlaku untuk
Cash Out akan dipotong dari saldo AyoSaldo saat Cast Out sedang diproses.
-
Cash Out dan transfer AyoSaldo hanya dapat dilakukan oleh akun Ayopop registered.
Cash Out hanya boleh dilakukan dengan penarikan tunai saldo AyoSaldo ke rekening tabungan di suatu bank,
atas nama Anda. Cash Out tidak ditujukan untuk penarikan ke akun virtual dan/atau akun selain rekening tabungan
di bank dimana nama Anda adalah sebagai penerima manfaat daripadanya. Cash Out yang Anda lakukan ke
akun selain rekening tabungan di bank,
atas nama Anda sebagai penerima manfaat, adalah sepenuhnya tanggung jawab Anda.
- Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan yang terjadi akibat kesalahan dalam menginput
informasi rekening bank oleh Pengguna Ayopop dalam instruksi Cash Out.
-
Kami dapat menetapkan nilai minimal Cash Out yang dapat Anda lakukan untuk setiap Cash Out. Kami
akan menginformasikan dari waktu ke waktu nilai minimal Cash Out yang berlaku.
Pembelian Produk Digital dan Pembayaran Tagihan
-
Pembelian isi ulang pulsa hanya dapat dilakukan melalui Ayopop dengan denominasi
yang tersedia atau sesuai dengan petunjuk yang ditampilkan dalam Aplikasi Ayopop
-
Pembayaran tagihan dapat dilakukan kepada pihak ketiga/mitra yang telah bekerjasama dengan Ayopop sebagaimana
termuat dalam daftar tagihan yang ditampilkan dalam Ayopop.
-
Pengguna Ayopop dapat melakukan Transaksi Pembayaran menggunakan Ayosaldo untuk melakukan
pembayaran antara lain pembayaran tagihan atau pembelian produk
digital pihak ketiga yang memiliki kerjasama dengan Kami.
-
Saldo AyoSaldo Anda dapat digunakan seluruhnya sampai bersaldo nihil tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini.
-
Saldo AyoSaldo Anda akan dikurangi secara otomatis dengan jumlah yang dimasukkan atau dikonfirmasi
oleh Anda untuk pembayaran terkait, selama saldo AyoSaldo Anda mencukupi. Jika saldo AyoSaldo
Anda tidak mencukupi pembayaran terkait, Kami dapat menolak memproses pembayaran Anda.
-
Jika Anda meminta pengembalian uang, maka Anda menyampaikan klaim pengembalian uang kepada Kami
selambat-lambatnya dalam waktu 7 (tujuh) hari kalender sejak tanggal Transaksi dengan menyampaikan
bukti pendukung yang cukup. Atas dasar bukti pendukung yang diberikan Kami akan
memproses pengembalian uang berdasarkan hasil tinjauan kami atas klaim tersebut.
-
Anda memahami bahwa Kami merupakan penyelenggara jasa sistem pembayaran. Kami tidak memiliki kontrol
atas legalitas barang atau jasa yang dibayar dengan layanan kami,
legalitas barang atau jasa merupakan tanggung jawab pihak ketiga penyedia barang atau jasa.
Registrasi Akun
- Anda perlu untuk melakukan registrasi di aplikasi Ayopop dengan menyampaikan informasi
yang benar, tepat dan terbaru
dari data diri Anda.
- Anda perlu memahami bahwa detil informasi log-in Anda adalah rahasia dan karenanya Anda
tidak akan mengungkapkan detil
informasi log-in Anda kepada pihak ketiga manapun, termasuk password rahasia berupa
Kode Sandi Sekali
Pakai (One Time Password/OTP) yang
dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon
terdaftar Anda setiap kali ada percobaan log-in ke akun Anda. Kami atau petugas
Kami tidak akan menanyakan kode
sandi Anda (kecuali pada halaman di aplikasi AYOPOP Anda ketika Anda masuk ke Akun
AYOPOP Anda melalui aplikasi
AYOPOP di ponsel pintar Anda). Anda setuju untuk menanggung setiap risiko terkait
pengungkapan informasi log-in
Anda kepada pihak ketiga manapun dan bertanggung jawab penuh atas setiap
konsekuensi yang berkaitan dengan itu.
- Anda akan diminta untuk menyampaikan dokumen atau informasi tambahan, baik secara
elektronik atau langsung ke kantor
Kami atau menemui agen Kami, sebagaimana Kami instruksikan, jika Anda ingin menggunakan
layanan tertentu yang
disediakan bagi pengguna AYOPOP terverifikasi atau sebagaimana diperlukan.
- Kami akan melakukan verifikasi atas informasi dan dokumen yang Anda sampaikan dan
menentukan apakah Anda telah memenuhi
persyaratan sebagai calon pengguna AYOPOP terverifikasi.
- Persetujuan dan/atau penolakan atas permohonan verifikasi Anda merupakan kewenangan
kami sepenuhnya dengan
memperhatikan ketentuan hukum yang berlaku. Kami sewaktu-waktu dapat menarik
persetujuan atas permohonan verifikasi
Anda dan mengembalikan status penggunaan Anda menjadi pengguna AYOPOP tidak
terverifikasi (jika sebelumnya Anda telah
menjadi pengguna AYOPOP terverifikasi) apabila terdapat keraguan atas kebenaran
dan/atau ke-sah-an serta
ketidaklengkapan dokumen dan/atau informasi yang Anda sampaikan.
- Untuk menghindari penyalahgunaan Akun AYOPOP Anda, Kami akan menghentikan layanan
AYOPOP jika dokumen atau informasi
yang Kami minta tidak dilengkapi, tidak disampaikan dan/atau dilengkapi atau
disampaikan namun tidak sesuai.
- Registrasi akun AYOPOP hanya dapat dilakukan oleh Anda sendiri sebagai subjek hukum.
Anda menjamin bahwa registrasi
akun AYOPOP Anda ditujukan untuk kepentingan Anda sendiri, bukan kepentingan pihak
manapun, termasuk badan hukum
dan/atau badan usaha manapun. Kami berhak menolak registasi akun AYOPOP yang Anda
lakukan untuk kepentingan pihak
selain Anda, termasuk badan hukum dan/atau badan usaha manapun.
Informasi Pribadi
- Sebagai bagian dari upaya untuk menjaga informasi di akun AYOPOP Anda selalu aktual,
Anda perlu untuk segera
menyampaikan kepada Kami perubahan atas informasi data pribadi yang telah Anda
sampaikan sebelumnya beserta bukti
pendukungnya, termasuk namun tidak terbatas pada alamat surat elektronik, nomor telepon
seluler yang Anda daftarkan
pada saat pembukaan akun AYOPOP Anda dan/atau dokumen lainnya yang Anda sampaikan dalam
proses pengajuan sebagai
pengguna AYOPOP terverifikasi.
- Segala Penyampaian dokumen atau informasi oleh Anda kepada kami termasuk namun tidak terbatas pada
dokumen atau informasi saat
registrasi atau informasi saat memberikan komentar pada layanan Kami di halaman ulasan,
merupakan persetujuan Anda atas
pengumpulan, penggunaan dan/atau pengungkapan oleh Kami atas informasi pribadi yang
Anda sampaikan, sesuai dengan hukum
dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan yang sebagaimana dijelaskan dalam kebijakan-privasi
kami yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari Syarat dan ketentuan ini (mohon untuk dibaca dan
ditelaah terlebih dahulu kebijakan privasi kami sebelum menggunakan Layanan kami).
- Kami tidak akan mengungkapkan informasi pribadi Anda kepada pihak manapun, kecuali
kepada instansi pemerintah, moneter,
pengawas jasa sistem pembayaran, otoritas berwenang lainnya termasuk pihak kepolisian
dalam suatu kasus pidana dan
pihak ketiga lainnya yang secara langsung berkepentingan dalam pemrosesan layanan
(termasuk pelaku usaha), sepanjang
dimungkinkan berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kebijakan privasi kami.
Persetujuan
- Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda adalah individu yang sah secara hukum untuk
terikat dalam perjanjian
berdasarkan hukum Republik Indonesia, secara khusus terikat dalam Syarat dan Ketentuan
ini untuk menggunakan AYOPOP dan
bahwa Anda berusia minimal 21 tahun atau telah menikah dan tidak sedang berada dalam
pengampuan.
- Jika Anda tidak memenuhi syarat tersebut, Anda menyatakan dan menjamin bahwa pembukaan
akun Anda dan aktivitas lain
yang Anda lakukan menggunakan AYOPOP telah disetujui oleh orang tua atau pengampu Anda
sebagai perwakilan Anda yang dapat bertanggung jawab atas penggunaan AYOPOP.
Batasan Saldo dan Transaksi
- Jumlah saldo AyoSaldo Anda
dibatasi sebesar: (a) Rp.
2.000.000,- (dua juta Rupiah) jika akun Anda adalah AyoSaldo jenis Unregistered; atau (b) Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta Rupiah) jika
akun Anda adalah AyoSaldo
jenis Registered; atau (c)
jumlah lain yang lebih
kecil sebagaimana Kami tentukan.
- Transaksi bulanan AyoSaldo
Anda yang bersifat
incoming (masuk) tidak dapat melebihi Rp 20.000.000,-
(dua puluh juta Rupiah) per bulan kalender.
- Jika saldo atau transaksi
bulanan akun AyoSaldo Anda
melewati batas tersebut, maka Kami berhak melakukan verifikasi sebelum melakukan
tindakan lebih lanjut,
termasuk namun tidak terbatas pada tidak menjalankan perintah transaksi yang Anda
sampaikan.
- Kami perlu Anda memahami
bahwa Kami bukan bank. Saldo
akun AyoSaldo Anda bukan merupakan tabungan berdasarkan pengertian hukum yang
berkaitan dengan perbankan,
tidak tunduk pada program perlindungan oleh Lembaga Penjamin Simpanan dan tidak
berhak atas setiap fitur
yang umumnya melekat pada rekening bank (seperti bunga, dsb).
Penggunaan
- AYOPOP dapat digunakan untuk
layanan yang tersedia
baik di aplikasi AYOPOP maupun layanan lain di luar aplikasi AYOPOP, sebagaimana
Kami informasikan.
- Transaksi menggunakan AYOPOP
dapat dilakukan dengan
pelaku usaha yang merupakan pihak ketiga yang memiliki perjanjian kerja sama dengan
Kami dan/atau
perusahaan terafiliasi dengan Kami.
- AyoSaldo Anda dapat digunakan
atau ditransaksikan
seluruhnya sampai bersaldo nihil sesuai dengan syarat dan ketentuan ini.
- Pelaku usaha yang merupakan
pihak ketiga yang
memiliki perjanjian kerja sama dengan Kami yang dapat menerima pembayaran
menggunakan AyoSaldo dilarang
mengenakan biaya tambahan (surcharge)
kepada Anda sebagai pengguna atas pembayaran transaksi pembelian / pembelanjaan
menggunakan AyoSaldo. Jika
Anda menemukan pelaku usaha yang mengenakan biaya tambahan (surcharge) kepada Anda sebagai pengguna atas pembayaran transaksi
pembelanjaan menggunakan
AyoSaldo, silahkan hubungi kami di info@Ayopop.com
- Cara penggunaan dan/atau
metode pembayaran dapat
berubah dan/atau bertambah dari waktu ke waktu, sebagaimana Kami informasikan.
Informasi tersebut akan kami
sampaikan terlebih dahulu kepada Pengguna melalui cara – cara yang akan kami
tetapkan.
- AyoSaldo Anda akan dikurangi
secara otomatis dengan
jumlah yang dimasukkan atau dikonfirmasi oleh Anda untuk pembayaran terkait, selama
AyoSaldo Anda
mencukupi. Jika AyoSaldo Anda tidak mencukupi pembayaran terkait, Kami dapat
menolak memproses pembayaran
Anda atau jika layanan Kami memungkinkan pembayaran sebagian (partial
payment), maka Anda akan diwajibkan
membayar selisihnya
menggunakan uang tunai atau cara lainnya yang kami tentukan.
- Transaksi yang telah Anda
konfirmasi dan Kami proses,
tidak dapat dibatalkan. Bermakna anda telah setuju dengan syarat dan ketentuan yang
telah kami tentukan dan
pembatalan hanya dapat dilakukan apabila terbukti kesalahan ada di Pihak Ayopop.
- Anda memahami bahwa Kami
merupakan penyelenggara jasa
sistem pembayaran. Setiap keluhan dan/atau klaim terkait barang dan/atau jasa yang
disediakan oleh pihak
ketiga wajib Anda sampaikan langsung kepada pihak ketiga terkait.
- Perlu Anda mengerti bahwa penggunaan akun AYOPOP Anda dan/atau layanan AYOPOP merupakan
tanggung jawab pribadi
Anda. JANGAN MEMBERI AKSES ATAU MEMBIARKAN ORANG LAIN UNTUK MENGAKSES AKUN
AYOPOP Anda. Anda setuju bahwa setiap
perintah transaksi yang dibuat melalui akun
AYOPOP Anda akan dianggap telah diotorisasi oleh Anda atau berdasarkan perintah /
persetujuan Anda dan oleh
karenanya adalah perintah transaksi Anda. Kami tidak bisa dan tidak akan bisa
dimintakan pertanggungjawaban
atas setiap kerugian atau klaim yang timbul karena penggunaan akun AYOPOP anda
dan/atau layanan AYOPOP yang
dilakukan dengan melanggar Syarat dan Ketentuan ini.
PIN (Pengamanan Akun)
- Sebagai bagian dari upaya
Kami untuk menjaga keamanan
akun AYOPOP Anda, Anda perlu untuk mendaftarkan enam urut angka sebagai kode PIN
akun AYOPOP Anda.
-
Security Code dibuat oleh Pengguna AYOPOP saat melakukan registrasi akun, yang terdiri dari 6 (enam)
digit angka yang tidak boleh berulang atau berurutan.
- Kode PIN Anda akan diperlukan
untuk pembayaran
dan/atau pemanfaatan fitur-fitur tertentu yang Kami tetapkan.
- Anda wajib untuk menjaga
kerahasiaan kode PIN Anda.
Kerugian yang timbul akibat kegagalan Anda untuk menjaga kerahasiaan kode PIN Anda
merupakan tanggung jawab
Anda sepenuhnya.
-
Untuk beberapa smartphone tertentu, terdapat kapabilitas mengaktifkan biometric recognition
sebagai pengganti security code. Segala hal yang terjadi dengan
diaktifkannya fitur tersebut merupakan tanggung jawab Anda.
Pemblokiran Akun
- Atas permintaan Anda, Kami akan
memblokir akun AYOPOP Anda dan penggunaan layanan AYOPOP dengan akun AYOPOP Anda. Selain itu,
jika menurut pertimbangan Kami, terjadi hal-hal yang merugikan dan/atau dapat merugikan Kami
atau Anda, Kami juga akan melakukan pemblokiran tersebut. Namun demikian, kami menyediakan
jalur pengajuan keluhan bagi Anda sesuai ketentuan butir 21 di bawah.
- Pemblokiran akun dapat
terjadi termasuk, namun tidak
terbatas pada, kejadian-kejadian berikut ini:
- Laporan Anda bahwa
telepon selular Anda hilang
atau dicuri atau diretas;
- Perintah pemblokiran yang
diterbitkan oleh
institusi pemerintah atau moneter atau aparat penegak hukum berdasarkan
perintah pengadilan;
- Akun AYOPOP tidak
digunakan untuk jangka waktu
minimum selama 6 bulan berturut-turut;
- Penggunaan akun AYOPOP
dan/atau layanan AYOPOP
Anda dengan cara yang bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan ini, ketentuan
penggunaan aplikasi
AYOPOP, syarat dan ketentuan lain yang berlaku untuk fitur atau layanan lain di
aplikasi AYOPOP,
kebijakan privasi AYOPOP dan setiap hukum dan peraturan perundang-undangan yang
berlaku
- Alasan lain yang
merugikan Anda atau Kami,
termasuk tindakan abusive dan fraud atau ketika sistem
kami menangkap pola transaksi keuangan yang mencurigakan.
- Jika akun AYOPOP Anda
diblokir dan Anda memiliki
bukti yang kuat bahwa tidak ada hal mencurigakan yang terjadi, Anda dapat
mengajukan keluhan Anda sesuai
dengan yang tertera pada Syarat dan Ketentuan ini. Setelah memeriksa keluhan Anda,
kami dapat menentukan
untuk mengakhiri atau melanjutkan pemblokiran akun AYOPOP Anda. Pemblokiran tidak
akan diteruskan secara
tidak wajar apabila Kami memutuskan bahwa hal-hal yang mengakibatkan terjadinya
pemblokiran telah berakhir.
Penutupan Akun
- Akun AYOPOP
Anda dapat ditutup, dimana untuk jangka waktu tertentu atau untuk
seterusnya (permanen berdasarkan pertimbangan atau keputusan Kami yang Kami
angap baik, apabila karena hal-hal sebagai berikut:
- Permintaan oleh Anda sendiri selaku pemilik Akun,
dengan ketentuan Anda telah
menyelesaikan segala kewajiban Anda kepada Kami;
-
Anda meninggal dunia atau perusahaan, badan usaha, badan hukum atau persekutuan perdata yang Anda
wakili dinyatakan atau
dimohonkan pailit atau likuidasi atau berada dalam kondisi pailit atau likuidasi;
- Akun atau Transaksi dalam akun Anda dinyatakan
fraud (berdasarkan hasil
investigasi Kami sendiri dan/atau dengan pihak kepolisian, dan/atau pihak ketiga); d.Kebijakan Kami
berdasarkan hukum dan peraturan
perundang-undangan yang berlaku;
- Force Majeur terjadi
selama 3 (tiga) bulan atau
lebih secara berturut-turut; dan/atau
- Alasan lain sehubungan
dengan pemblokiran akun. Penutupan akun di atas dilakukan dengan telah menyelesaikan
kewajiban dan biaya yang timbul karenanya.
- Apabila akun AYOPOP Anda ditutup,
maka setelah verifikasi dilakukan, kami akan mengembalikan AyoSaldo Anda melalui metode yang
disepakati bersama antara para pihak, setelah dikurangi dengan biaya yang terutang (jika ada) ,
kecuali jika berdasarkan pertimbangan Kami diperlukan adanya penahanan bagian tertentu dari AyoSaldo Anda,
misalnya karena keyakinan yang wajar bahwa bagian tersebut berhubungan
dengan atau dihasilkan dari penipuan dan/atau tindak pelanggaran hukum.
- Akun AYOPOP Anda akan
diakhiri secara otomatis atau
ditutup ketika Anda menutup akun AYOPOP Anda.
Penolakan Transaksi
Kami dapat menolak transaksi yang dilakukan oleh Anda jika Anda melanggar sebagian atau
seluruh Syarat dan Ketentuan
ini dan/atau melanggar hukum dan peraturan yang berlaku.
Biaya
Dalam penggunaan akun AYOPOP dan/atau layanan AYOPOP, Anda dapat dikenakan biaya,
termasuk namun tidak terbatas pada
biaya pengisian (top-up), penarikan (withdrawal), transfer dan/atau biaya transaksi
yang dilakukan melalui kanal pihak
ketiga, yang dapat ditetapkan oleh kami dan/atau pihak ketiga tersebut, atau biaya atas
pengaktifan kembali akun AYOPOP yang telah dinonaktifkan oleh kami dan/atau pihak ketiga
tersebut, atau biaya atas pengaktifan kembali akun AYOPOP yang telah dinonaktifkan.
Keterangan mengenai jumlah biaya yang dikenakan akan kami sediakan melalui media komunikasi,
website, dan/atau media lain yang Kami tentukan dari waktu ke waktu.
Tanggung Jawab dan Kewajiban Anda
-
Anda hanya dapat mengakses atau menggunakan Aplikasi AYOPOP :
-
sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini;
-
untuk tujuan yang sah; dan
-
tidak digunakan untuk (i) tujuan atau tindakan penipuan, pelanggaran hukum, kriminal maupun tindakan,
aktivitas, perbuatan atau tujuan lain yang melanggar atau bertentangan dengan hukum, peraturan
perundang-undangan yang berlaku maupun hak atau kepentingan pihak manapun, (ii) melakukan Transaksi
dengan tujuan, kegiatan, aktivitas atau aksi yang melanggar hukum atau melanggar hak atau kepentingan
(termasuk Hak Kekayaan Intelektual atau hak privasi) milik pihak manapun; (iii) melakukan transaksi
yang memiliki materi atau unsur yang berbahaya atau yang merugikan pihak manapun, atau yang mengandung
virus software, worm, trojan horses atau kode komputer berbahaya lainnya, file, script, agen atau program;
dan yang mengganggu/merusak integritas, reputasi atau kinerja Aplikasi AYOPOP dan sistem pendukungnya.
-
Anda bertanggung jawab penuh untuk memeriksa dan memastikan bahwa Anda telah mengunduh (
download) perangkat lunak yang benar untuk perangkat Anda. Kami tidak bertanggung jawab
jika Anda tidak memiliki perangkat yang kompatibel dengan Aplikasi AYOPOP
atau jika Anda telah mengunduh (download) versi software yang salah untuk perangkat Anda.
-
Sebagai tambahan dari tanggung jawab Anda yang
diatur dalam bagian lain dari Syarat dan Ketentuan ini, Anda bertanggung
jawab atas
- Keamanan telepon
seluler Anda yang digunakan untuk mengakses akun AYOPOP termasuk secara wajar menjaga dan menyediakan
memori penyimpanan yang cukup untuk mencegah setiap kegagalan atau gangguan atas setiap proses layanan
AYOPOP yang disebabkan oleh kegagalan fungsi telepon seluler Anda, Anda diwajibkan untuk memastikan
tidak memberitahukan informasi keamanan Anda kepada pihak lain manapun. Setiap perintah Transaksi yang
dibuat melalui akun AYOPOP Anda dari Aplikasi AYOPOP atau Partner yang telah Anda berikan otorisasi
baik dengan pin untuk beberapa smartphone tertentu, akan dianggap sebagai perintah/instruksi Anda yang benar,
sah,atau valid kepada AYOPOP untuk memproses transaksi tersebut.
- Kemanan dan validitas
nomor telepon seluler yang Anda
daftarkan untuk mengakses akun AYOPOP, karenanya Kami tidak bertanggung jawab
atas setiap klaim yang timbul
jika nomor telepon seluler yang Anda daftarkan dikuasai oleh pihak lain,
menjadi tidak aktif berdasarkan
kebijakan perusahaan telekomunikasi dan/atau menjadi dormant;
- Setiap transaksi yang
Anda lakukan, Anda wajib
berhati-hati ketika menggunakan akun AYOPOP dan/atau layanan AYOPOP, termasuk
namun tidak terbatas pada
ketika memilih menu transaksi, tujuan pembayaran, memasukkan nilai pembayaran
dan lain sebagainya. Anda
akan memastikan bahwa Anda hanya akan mengikuti instruksi transaksi yang
diterbitkan oleh AYOPOP sesuai
transaksi yang Anda setujui; dan
- Setiap kerugian, klaim,
tuntutan dan/atau biaya yang
timbul, termasuk dari pihak lain kepada Kami, yang timbul karena kesalahan Anda
dalam menggunakan akun
AYOPOP, layanan AYOPOP, fitur AYOPOP dan/atau aplikasi AYOPOP, termasuk
-
namun tidak terbatas pada yang dikarenakan oleh ketidakhati-hatian dalam
bertindak, kecerobohan atau penyalahgunaan akun AYOPOP dan/atau layanan AYOPOP oleh Anda atau pihak
lain yang menggunakan akun AYOPOP Anda. Anda akan menanggung segala kerugian yang ditimbulkan karena
kelalaian Anda, termasuk apabila Anda lalai dalam menjaga keamanan akun AYOPOP Anda, dan dengan ini
menyatakan untuk menyetujui dan membebaskan AYOPOP dari segala tuntutan, gugatan,
dan/atau ganti kerugian yang timbul atas kelalaian tersebut.
Tanggung Jawab Kami
Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian tidak langsung, termasuk biaya, bunga,
kerusakan atau kerugian dalam bentuk
atau jenis apapun (termasuk cidera pribadi, tekanan emosional dan hilangnya data,
barang, pendapatan, laba, penggunaan
atau keuntungan ekonomis lainnya) yang Anda atau pihak ketiga alami. Kami hanya
bertanggung jawab atas kerugian
langsung, yakni jumlah yang senyatanya dibayar, yang timbul atau sehubungan dengan
penggunaan akun AYOPOP Anda, yang
dapat dibuktikan terjadi karena kelalaian berat atau pelanggaran Kami atas Syarat dan
Ketentuan ini. Dalam setiap hal
apapun, maksimal tanggung jawab Kami hanya terbatas pada jumlah saldo terakhir AyoSaldo
Anda yang ada di sistem Kami
Kerjasama dengan Pihak Ketiga
-
Anda setuju bahwa Kami dapat membagikan Informasi dan/atau data Anda untuk
digunakan oleh Partner AYOPOP sebagai pengelola layanan untuk tujuan-tujuan tertentu;
termasuk namun tidak terbatas pada menyimpan, melakukan segmentasi dan analisis terhadap Informasi
dan/atau data Anda untuk dapat memproses dan
meneruskan permintaan Anda (sebagaimana relevan).
-
Apabila terdapat perjanjian antara Anda dengan Partner AYOPOP (“Perjanjian Partner”), yang menyebutkan
bahwa Anda menyetujui untuk melakukan pembayaran kewajiban Anda kepada Partner AYOPOP melalui AYOPOP, maka
Kami dengan ini dapat melakukan tindakan pendebetan saldo AyoSaldo dalam akun Anda secara otomatis. Hal ini
dalam rangka untuk pemenuhan seluruh kewajiban pembayaran Anda kepada Partner AYOPOP (berdasarkan Perjanjian
Partner). Anda dengan ini memberikan kuasa, hak dan wewenang penuh yang tidak dapat dicabut kembali dan tanpa
syarat kepada Kami dengan hak substitusi,untuk sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda.
-
Pengguna setuju dan menundukkan diri pada Syarat dan Ketentuan Aplikasi AYOPOP serta syarat
dan ketentuan yang lebih khusus dalam produk atau fitur kerjasama Partner AYOPOP dengan PT Ayopop
Teknologi Indonesia yang dapat diakses dalam A plikasi AYOPOP, baik yang tersedia saat ini maupun di
masa mendatang dengan pemberitahuan sebelumnya, termasuk namun tidak terbatas pada bentuk kerjasama merchant,
partner (termasuk bank), aggregator,maupun jasa layanan pembayaran/keuangan lainnya.
-
Pengguna yang melakukan Transaksi menggunakan layanan pembayaran pada Aplikasi
AYOPOP melalui aplikasi atau platform milik pihak ketiga/partner/merchant yang bekerjasama dengan AYOPOP,
maka Pengguna mengerti dan memahami untuk tunduk pada syarat dan ketentuan yang lebih khusus yang diatur
oleh pihak ketiga tersebut dan/atau syarat dan ketentuan khusus yang ditetapkan lebih lanjut oleh AYOPOP pada
aplikasi pihak ketiga tersebut (sebagaimana relevan). AYOPOP tidak bertanggung jawab atas kelalaian/kesalahan
Pengguna yang melakukan Transaksi di aplikasi milik pihak ketiga tersebut.
Ganti Rugi
Dengan mendaftar dan menggunakan akun AYOPOP dan layanan AYOPOP, Anda setuju untuk
membebaskan Kami, pihak yang memberi
lisensi kepada Kami, afiliasi Kami dan setiap pegawai, direktur, komisaris, karyawan,
wakil dan agen Kami, dari dan
terhadap setiap dan seluruh klaim, biaya, kerusakan, kerugian, tanggung jawab dan
pengeluaran (termasuk biaya advokat)
yang timbul atau sehubungan dengan:
- Pelanggaran Anda atas Syarat dan Ketentuan ini atau
ketentuan hukum dan
peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik direferensikan atau tidak di
sini;
- Pelanggaran Anda atas hak pihak ketiga lainnya
sehubungan dengan transaksi di
AYOPOP dan/atau layanan AYOPOP;
- Setiap penggunaan atau penyalahgunaan AYOPOP
dan/atau layanan AYOPOP oleh Anda
atau pihak lain menggunakan akun AYOPOP Anda;
- Setiap kesalahan yang dilakukan oleh pihak selain
Kami, baik disengaja maupun
berupa kelalaian; atau
- Pemblokiran akun AYOPOP Anda berdasarkan hal-hal
yang diatur dalam Syarat dan
Ketentuan ini.
Ketentuan ganti rugi ini akan tetap berlaku terlepas dari penutupan akun AYOPOP Anda
Jika anda tidak dapat menggunakan Layanan dan/atau Aplikasi Ayopop sebagai akibat
pengoperasian sistem dari pihak Kami yang secara tidak tepat, yang disebabkan oleh salah
satu alasan di bawah ini, Anda setuju untuk tidak mewajibkan Kami untuk menyampaikan pemberitahuan mengenai
penghentian sementara atau pemeliharaan sistem pada Layanan dan Aplikasi Ayopop Kam dan akan melepaskan dan
membebaskan Kami dari segala klaim,
kerusakan, dan kerugian yang timbul dalam hal;
-
Terjadinya kegagalan transmisi data, yang disebabkan oleh gangguan atau penghentian
sementara peralatan dan/atau sistem telekomunikasi;
-
Terjadinya kegagalan pengoperasian sistem yang disebabkan oleh peristiwa keadaan kahar, yang meliputi,
namun tidak terbatas pada angin topan, gempa bumi, tsunami, banjir, pemadaman listrik, perang,
serangan teroris, yang berada di luar kendali wajar kami; atau
-
Terganggu atau tertundanya Layanan yang disebabkan oleh peretasan, pemeliharaan, penggantian ke versi
yang lebih baru (upgrade),lembaga perbankan atau badan regulasi, dan sebab-sebab lainnya.
Permasalahan dan Keluhan
- Kami melakukan usaha
terbaik untuk menjaga keamanan
sistem, termasuk sistem pencatatan transaksi Anda secara elektronik di server
Kami. Data dan saldo dan/atau
sejarah transaksi yang dicatat di sistem Kami merupakan data dan saldo dan/atau
sejarah transaksi yang
final dan mengikat Kami dan Anda.
- Kami memberlakukan
standar keamanan yang wajar untuk
melindungi data Anda yang sedang dalam proses pengiriman, ketika disimpan dan
penggunaan Anda atas akun
AYOPOP dan/atau layanan AYOPOP. Meskipun demikian, Kami hendak menekankan
kepada Anda bahwa tidak ada
sistem yang tidak dapat ditembus dan hal ini dapat berakibat pada meningkatnya
resiko atas informasi Anda
dan penggunaan Akun AYOPOP dan/atau Layanan AYOPOP. Oleh karenanya, sejauh
dimungkinkan berdasarkan hukum
dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Anda setuju untuk melepaskan
Kami dari klaim apapun yang
timbul sehubungan dengan adanya virus, kerusakan, gangguan, bentuk lain dari
gangguan sistem yang
diakibatkan oleh pihak selain kami atau akses tanpa otorisasi yang dilakukan
oleh pihak ketiga dengan
itikad tidak baik. Kami menganjurkan Anda untuk memberitahu Kami segera jika
Anda mengalami gangguan sistem
apapun sebagaimana disebutkan di atas sehingga Kami dapat berusaha memperbaiki
gangguan tersebut.
- Anda setuju untuk tidak
merusak, mengubah atau
memodifikasi akun AYOPOP Anda atau mencoba merusak, mengubah atau
memodifikasinya dengan cara apapun.
- Kami tidak bertanggung
jawab jika Anda tidak memiliki
perangkat yang memadai atau jika Anda mengunduh versi yang salah dari AYOPOP ke
perangkat Anda.
- Kami berhak untuk
melarang Anda menggunakan AYOPOP
dan/atau layanan AYOPOP lebih lanjut jika Anda menggunakan dengan perangkat
yang tidak memadai atau
perangkat yang tidak terotorisasi atau untuk tujuan lain sebagaimana AYOPOP
dan/atau layanan AYOPOP
dimaksudkan untuk digunakan.
- Kami perlu Anda memahami
bahwa dalam hal top-up,
pemindahbukuan dan/atau transfer melalui pihak ketiga, termasuk namun tidak
terbatas pada bank tertentu,
terdapat kemungkinan kegagalan sistem dari pihak ketiga tersebut. Kami tidak
bertanggung jawab atas masalah
ini.
-
Kami berhak untuk melakukan koreksi atas saldo dan/atau transaksi pada akun Anda, apabila menurut
catatan Kami telah terjadi transaksi tidak wajar di akun Anda. Koreksi tersebut termasuk atas pertimbangan
dan keyakinan Kami yang wajar untuk melakukan penahanan sebagian atau seluruh dan penarikan atas saldo akun
AYOPOP Anda berhubungan dengan atau disebabkan oleh penipuan,
penggelapan, penyalahgunaan, dan/atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.
-
Anda dengan ini memberikan kuasa, hak dan wewenang penuh yang tidak dapat dicabut kembali dan
tanpa syarat kepada Kami dengan hak substitusi, untuk sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan
terlebih dahulu kepada Anda dan tanpa persetujuan
Anda terlebih dahulu untuk melakukan koreksi atas saldo akun AYOPOP Anda.
- Jika telepon seluler Anda
hilang, dicuri dan/atau
diretas, mohon segera memberitahu Kami melalui akun surat elektronik yang
terdaftar di akun AYOPOP Anda
atau melalui telepon ke Customer Care AYOPOP. Jika terjadi transaksi setelah
telepon seluler Anda hilang,
dicuri dan/atau diretas, namun Anda belum memberitahukan kepada Kami dengan
cara demikian, maka pembayaran
yang terjadi dianggap sah.
Jika Anda memiliki pertanyaan, permintaan, keluhan
atau kepentingan penyampaian
informasi apapun terkait fitur AYOPOP, Anda dapat menyampaikannya melalui surat
elektronik ke alamat
info@Ayopop.com atau telepon ke (021)
40011091.
Untuk merespon pertanyaan atau keluhan Anda, Kami akan terlebih dahulu melakukan verifikasi atas data Anda.
Kami berhak untuk menolak pemrosesan pertanyaan atau keluhan, jika data Anda tidak sesuai dengan data yang
tertera pada sistem Kami. Kami akan memeriksa atau melakukan verifikasi keluhan Anda dan menyampaikan respon
Kami sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang
berlaku di perusahaan Kami setelah memperoleh penyampaian keluhan yang lengkap dari Anda.
Koreksi
-
Dalam hal menurut catatan Kami terjadi kesalahan dalam transaksi, maka Kami
dapat melakukan koreksi terhadap saldo
AYOPOP Anda. Kami tidak akan melakukan koreksi terhadap saldo AYOPOP Anda
tanpa bukti atau dasar yang kuat adanya
kesalahan dalam transaksi. Anda dapat menyampaikan permintaan koreksi
kepada Kami melalui jalur yang Kami sediakan.
Kami akan mengambil langkah – langkah yang diperlukan dan memutuskan kasus
per kasus.
- Sehubungan dengan
kepentingan koreksi sebagaimana disebutkan di atas, Anda dengan ini
memberikan kuasa yang tidak dapat
ditarik kembali kepada Kami untuk mendebet dan/atau mengkredit saldo AYOPOP
Anda. Kuasa sebagaimana dimaksud akan terus
berlaku dan tidak dapat berakhir karena alasan apapun juga termasuk karena
alasan-alasan sebagaimana diatur dalam Pasal
1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, kecuali Anda
menutup akun Anda.
Pernyataan dan Jaminan
Anda dengan ini secara tegas menyetujui serta menyatakan dan menjamin bahwa:
-
Anda adalah individu yang secara hukum cakap untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan hukum negara
Republik Indonesia termasuk untuk mengikatkan diri dalam Syarat dan Ketentuan ini. Jika anda di bawah
usia 17 (tujuh belas) tahun atau di bawah pengampuan, Anda menjamin bahwa pembukaan akun
AYOPOP telah disetujui oleh orang tua, wali atau pengampu Anda yang sah.
-
Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan
yang berlaku Pengguna merupakan pihak yang cakap untuk
menggunakan layanan yang disediakan oleh AYOPOP.
- Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna adalah individu yang
sah secara hukum untuk terikat dalam perjanjian berdasarkan hukum Republik
Indonesia, secara khusus terikat dalam Syarat dan Ketentuan ini.
- Penggunaan atas Akun AYOPOP dan/atau layanan AYOPOP
merupakan pengakuan dan persetujuan Pengguna untuk tunduk pada (i)
Syarat dan Ketentuan Aplikasi AYOPOP termasuk Kebijakan Privasi; (ii) syarat dan ketentuan khusus AYOPOP yang
bekerja sama dengan penyedia aplikasi pihak ketiga; (iii) syarat dan ketentuan khusus
terkait promo; (iv) syarat dan ketentuan khusus yang berlaku untuk masing-masing fitur layanan yang
tersedia dalam aplikasi AYOPOP; (v) kebijakan privasi; dan (vi) setiap ketentuan hukum dan peraturan
perundang-undangan yang berlaku.
- Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna akan menggunakan AYOPOP
secara wajar sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini serta peraturan perundang undangan yang berlaku di
Republik Indonesia, serta tidak akan melakukan tindakan apapun yang bertujuan untuk menghindari, menembus,
dan/atau memanfaatkan celah sistem keamanan ataupun menyebabkan gangguan dan/atau kerusakan pada sistem AYOPOP,
melakukan penyalahgunaan Akun AYOPOP, produk dan fitur-fitur dalam aplikasi AYOPOP, maupun menyebabkan kerugian
bagi AYOPOP dan/atau Pengguna lain. Pengguna bertanggung jawab atas segala konsekuensi terhadap pelanggaran ketentuan ini.
- Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa
AyoSaldo yang dipergunakan dalam Transaksi bukanlah AYOPOP yang berasal dari tindak pidana yang dilarang
berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, pembukaan Akun AYOPOP tidak
dimaksudkan dan/atau ditujukan dalam rangka upaya melakukan tindak pidana pencucian uang dan pendanaan
terorisme sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, Transaksi
tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada Pusat Pelaporan Dan
Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik
Indonesia, dan Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan AYOPOP dari segala tuntutan,
klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun.
- Pengguna dengan ini menyatakan bersedia melengkapi
seluruh data atau permintaan data atau dokumen tambahan yang diajukan dan.atau dimintakan oleh AYOPOP sehubungan
dengan adanya penelusuran/pemeriksaan lanjutan atas adanya dugaan transaksi mencurigakan dan/atau terindikasi
melanggar Syarat dan Ketentuan atau Ketentuan peraturan perundang-undangan, khususnya namun tidak terbatas untuk
keperluan audit otoritas terkait termasuk namun tidak terbatas pada audit oleh Bank Indonesia.
- Pengguna menyatakan dan menjamin tidak akan dengan
alasan apapun meminta kembali setiap dan seluruh data/dokumen yang telah disampaikan kepada AYOPOP dan karenanya
AYOPOP berhak menggunakan data dan informasi tersebut sehubungan dengan layanan Transaksi atau terkait urusan
administrasi rekening Pengguna pada AYOPOP atau promosi dan program-program pemasaran AYOPOP, kecuali diwajibkan
berdasarkan peraturan perundang-undangan;
- Pengguna menyatakan dan menjamin akan
memperbaharui dan memberitahukan kepada AYOPOP apabila ada perubahan data terkait dengan Pengguna yang telah
didaftarkan dan/atau disampaikan kepada AYOPOP;
- Pengguna dengan ini menyatakan memahami
dan setuju bahwa layanan yang disediakan melalui AYOPOP disediakan “sebagaimana adanya” dan “sebagaimana
tersedia”, tanpa adanya jaminan dari AYOPOP bahwa layanan yang disediakan melalui AYOPOP sesuai
untuk tujuan atau kebutuhan tertentu dari Pelanggan.
- Anda bertanggung jawab penuh untuk membayar pajak,
bea, atau pungutan, beban dan biaya yang ditetapkan oleh pemerintah,
yang mungkin dikenakan terhadap Layanan.
Pembatasan Tanggung Jawab
- Uang elektronik bukan merupakan
simpanan sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan
di bidang Perbankan sehingga tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan.
- Layanan disediakan dalam kondisi
“as is” atau “apa adanya”. Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun atas
reliabilitas, keamanan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan,
akurasi dan/atau kelengkapan layanan Aplikasi AYOPOP.
- Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk
membebaskan Kami dari setiap dan seluruh klaim dalam bentuk apapun, dari pihak manapun dan dimanapun yang diajukan,
timbul atau terjadi sehubungan dengan atau sebagai akibat dari:
- penggunaan Informasi da/atau Data
oleh Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini termasuk Kebijakan Privasi dan/atau berdasarkan
persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa dan/atau hak yang Anda berikan baik secara langsung maupun
tidak langsung kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini termasuk Kebijakan Privasi;
- pemberian Informasi dan/atau Data baik secara
langsung maupun tidak langsung oleh Anda kepada Kami atau dalam atau melalui Aplikasi AYOPOP yang Anda
lakukan secara (i) melanggar atau melawan hukum atau peraturan perundang undangan yang berlaku,
(ii) melanggar hak (termasuk hak kekayaan intelektual) dari atau milik orang atau pihak manapun, atau
(iii) melanggar kontrak, kerjasama, kesepakatan, akta, pernyataan, penetapan, keputusan dan/atau dokumen apapun
dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat;
- penggunaan Aplikasi, Akun dan/atau Layanan
(i) secara tidak sah, (ii) melanggar hukum yang berlaku, (iii) melanggar Syarat dan Ketentuan ini, dan/atau
(iv) untuk tindakan atau tujuan penipuan, kriminal,
tindakan tidak sah atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.
- Apabila ada hal yang ingin Anda sampaikan sehubungan dengan bagian “Pembatasan Tanggung Jawab” ini,
Anda dapat menghubungi Kami.
Force Majeure (Keadaan Memaksa)
Layanan Kami dapat diinterupsi oleh kejadian atau
hal tertentu di luar kewenangan dan kontrol Kami (Force
Majeure), termasuk namun tidak
terbatas pada bencana alam, gangguan
listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, dan hal-hal lainnya
yang di luar kewenangan dan kontrol
Kami. Anda oleh karenanya setuju untuk melepaskan Kami dari setiap klaim, jika
Kami tidak dapat memenuhi instruksi
Anda melalui akun AYOPOP baik sebagian maupun seluruhnya karena Force
Majeure.
Hak Kekayaan Intelektual
AYOPOP, termasuk nama dan logonya, kode, desain,
teknologi, model bisnis, dilindungi oleh undang – undang hak cipta,
merek dan hak kekayaan intelektual lainnya yang tersedia berdasarkan hukum
Republik Indonesia. Kami (dan pihak yang
memperoleh lisensi dari Kami, jika berlaku) memiliki seluruh hak dan
kepentingan atas AYOPOP, termasuk seluruh hak
kekayaan intelektual yang berhubungan dengannya. Syarat dan Ketentuan ini tidak
dan dengan cara apapun tidak akan
dianggap sebagai pemberian izin kepada Anda untuk menggunakan setiap hak
kekayaan intelektual Kami sebagaimana
disebutkan di atas.
Tidak ada Pengesampingan
Pengesampingan Kami atau ditundanya atau kegagalan
Kami untuk melakukan klaim atas pelanggaran ketentuan manapun dalam
Syarat dan Ketentuan ini atau untuk melaksanakan setiap hak yang disediakan
dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak akan
dianggap sebagai pengesampingan sehubungan dengan pelanggaran substansial atas
setiap ketentuan dalam Syarat dan
Ketentuan ini.
Bahasa
Syarat dan Ketentuan ini dibuat dalam Bahasa Inggris
dan Bahasa Indonesia. Dalam hal terjadi inkonsistensi antara versi
Bahasa Inggris dan versi Bahasa Indonesia, versi Bahasa Indonesia yang berlaku.
Pengalihan
Anda menjamin bahwa penggunaan akun AYOPOP hanya
digunakan oleh Anda dan untuk kepentingan Anda sendiri sebagai
pemegang akun sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini. Anda tidak boleh
mengalihkan hak Anda berdasarkan Syarat dan
Ketentuan ini tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami. Jika ada
pihak lain yang menggunakan akun Anda
dan/atau jika ada pihak lain yang bertindak sebagai penerima manfaat
(Beneficial Owner) Akun Anda selain Anda, maka
Anda wajib melaporkan kepada Kami melalui info@Ayopop.com. Jika tidak ada
pelaporan dari Anda mengenai pihak lain
sebagai penerima manfaat atau Beneficial Owner maka Anda memberikan jaminan
bahwa Anda adalah satu - satunya penerima
manfaat atau Beneficial Owner dari Akun Anda.
Meskipun saldo AYOPOP Anda dapat ditransfer kepada
pihak lain, akun AYOPOP Anda tidak dapat dialihkan kepada pihak
lain. Kami dapat mengalihkan hak Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini
kepada pihak ketiga lain manapun berdasarkan
kewenangan Kami sepenuhnya.
Keterpisahan
Jika setiap ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini
ditentukan sebagai ilegal, tidak sah atau tidak dapat
dilaksanakan, seluruh ataupun sebagian, berdasarkan peraturan atau prinsip
hukum manapun, ketentuan atau sebagian
daripadanya, sejauh hal tersebut ilegal, tidak sah atau tidak dapat
dilaksanakan, akan dianggap bukan merupakan bagian
dari Syarat dan Ketentuan ini tetapi legalitas, validitas atau pelaksanaan dari
ketentuan lainnya dari Syarat dan
Ketentuan ini tidak akan berpengaruh.
Hukum yang Mengatur
Syarat dan Ketentuan ini diatur berdasarkan hukum Republik Indonesia. Apabila terjadi
perselisihan dalam penafsiran atau pelaksanaan dari Syarat dan Ketentuan maka AYOPOP
dan Pengguna setuju untuk menyelesaikan perselisihan tersebut melalui jalan musyawarah.
Dalam hal musyawarah mufakat tidak tercapai dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari
kalender, s etiap dan seluruh perselisihan yang timbul dari penggunaan layanan Kami akan
tunduk pada yurisdiksi eksklusif Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.
Perubahan
Syarat dan Ketentuan ini, sebagian atau seluruhnya,
termasuk setiap fitur atau layanan yang ditawarkan dalam akun
AYOPOP, dapat dimodifikasi, ditambahkan, atau diubah dari waktu ke waktu
berdasarkan kebijakan Kami sendiri dengan atau
tanpa pemberitahuan kepada Anda.
Dalam hal terjadi perubahan fee yang tidak
diterbitkan secara langsung oleh Ayopop, maka perubahan fee yang dimaksud
merupakan tanggung jawab pihak ketiga yang melakukan kerja sama dan / atau
berafiliasi dengan Ayopop.
Penggunaan Anda
secara berkelanjutan atas AYOPOP
setelah modifikasi, variasi dan/atau perubahan atas Syarat dan Ketentuan
merupakan persetujuan dan
penerimaan Anda atas modifikasi, variasi dan/atau perubahan tersebut. Jika
Anda ingin menolak
modifikasi, variasi dan/atau perubahan tersebut, maka Anda harus
berhenti mengakses atau menggunakan
AYOPOP dan/atau layanan kami serta mengakhiri Syarat & Ketentuan
Penggunaan ini
Kebijakan Privasi
Data personal Anda akan dijaga berdasarkan Kebijakan
Privasi Kami. Kebijakan Privasi dianggap sebagai bagian yang tidak
terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini dan persetujuan Anda atas Syarat dan
Ketentuan ini merupakan penerimaan Anda
atas Kebijakan Privasi.
Penggunaan Anda atas akun
AYOPOP dan/atau layanan AYOPOP menandakan persetujuan Anda untuk tunduk
pada (i) Syarat dan
Ketentuan ini; (ii) syarat dan ketentuan umum penggunaan Aplikasi AYOPOP;
(iii) syarat dan ketentuan khusus yang
berlaku untuk masing-masing fitur layanan yang tersedia dalam aplikasi
AYOPOP; (iv) kebijakan privasi; dan (v) setiap
hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Masa Berlaku dan Pengakhiran
- Syarat dan Ketentuan ini berlaku sejak
Anda menjadi Pengguna AYOPOP dan tetap berlaku selama Anda belum melakukan penutupan akun AYOPOP
Anda atau Anda memiliki akun AYOPOP yang aktif.
- Anda sepakat dan mengikatkan diri untuk
tidak melakukan tindakan apapun yang dapat membatasi, menghambat dan/atau mengurangi satu atau lebih
hak dan/atau wewenang Kami berdasarkan Syarat dan
Ketentuan ini maupun hukum yang berlaku.
- Anda dengan ini sepakat untuk
menyampingkan ketentuan Pasal 1266 ayat (2) dan (3) Kitab Undang-undang Hukum Perdata sehingga
Syarat dan Ketentuan, Aplikasi dan/atau Layanan dapat diakhiri (baik sebagian maupun seluruhnya,
baik sementara waktu maupun seterusnya) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan tanpa diperlukan adanya
keputusan atau penetapan dari hakim pengadilan.
- Seluruh persetujuan, kuasa, wewenang
dan/atau hak yang Anda berikan kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini
tidak dapat berakhir karena alasan apapun termasuk
- karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud
dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata selama Anda masih menggunakan Layanan
atau Aplikasi atau masih menggunakan dan/atau memiliki Akun
-
Anda dengan ini membebaskan Kami dari seluruh Klaim sehubungan dengan pelaksanaan segala tindakan
Kami berdasarkan kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Kami dalam atau berdasarkan Syarat
dan Ketentuan maupun
pelaksanaan hak atau wewenang Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan.
Hubungi Kami
- Kami menghimbau Anda untuk segera melaporkan
kepada kami melalui kanal-kanal di atas apabila Anda mengalami hal yang tidak biasa dan/atau di luar kewajaran
atas Aplikasi AYOPOP Anda untuk segera kami tindak lanjuti.
- AYOPOP akan menindaklanjuti setiap penerimaan
pengaduan Anda sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Lain-lain
- Kegagalan atau tertundanya AYOPOP dalam mengambil
tindakan langsung, mengenakan sanksi, atau melaksanakan hak atau kewajiban AYOPOP, dan/atau mengajukan gugatan
atau tuntutan terhadap pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, tidak menghapuskan kewajiban Pengguna dan bukan
merupakan suatu pengesampingan atas hak AYOPOP untuk mengambil
tindakan apapun yang diperlukan di kemudian hari.
- Pengguna dilarang dan/atau tidak dapat mengalihkan
hak dan kewajibannya dalam Syarat dan Ketentuan ini tanpa persetujuan terlebih dahulu dari AYOPOP berdasarkan
pertimbangan dan kebijakan AYOPOP semata. Pengalihan seluruh atau sebagian Saldo AYOPOP yang dilakukan oleh
Pengguna kepada pihak lain manapun, bukan merupakan
pengalihan atau suatu bentuk pengalihan rekening atau akun AYOPOP;
- Jika terdapat suatu ketentuan dalam Syarat
dan Ketentuan ini yang ternyata diketahui melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku baik sebagian
maupun seluruhnya, maka ketentuan yang dianggap melanggar tersebut dikesampingkan dari Syarat dan Ketentuan ini
dan atas syarat dan ketentuan lain tetap berlaku dan mengikat;
- Syarat dan Ketentuan ini baik sebagian
maupun seluruhnya termasuk fitur atau layanan yang ditawarkan oleh AYOPOP dapat diubah, diperbaharui,
dan/atau ditambah dari waktu ke waktu dengan berdasarkan kepada kebijakan yang berlaku di AYOPOP dan terhadap
perubahan, pembaharuan dan/atau penambahan tersebut Pengguna AYOPOP dengan ini menyatakan menerima perubahan,
pembaharuan dan/atau penambahan tersebut;
- Pengguna akan menerima pemberitahuan mengenai
layanan atau promosi terbaru dari AYOPOP melalui media komunikasi pribadi atau melalui aplikasi AYOPOP.
Bila Pengguna keberatan untuk menerima pemberitahuan tersebut maka Pengguna dapat
menghubungi Layanan Pengguna (Customer Care) AYOPOP.
KETENTUAN PENUTUP
Pengguna mengerti dan menyetujui bahwa Syarat dan Ketentuan ini merupakan perjanjian
dalam bentuk elektronik dan tindakan Pengguna menekan tombol daftar atau tombol masuk atau menandai
kotak persetujuan saat akan mengakses AYOPOP merupakan persetujuan Pengguna untuk mengikatkan diri dalam
perjanjian dengan AYOPOP sehingga keberlakuan Syarat dan Ketentuan ini adalah sah dan mengikat secara hukum
dan terus berlaku sepanjang penggunaan aplikasi AYOPOP oleh Pengguna.
AYOPOP dapat mengalihkan hak AYOPOP berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini tanpa perlu mendapatkan
persetujuan terlebih dahulu dari Pengguna atau pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna.